TELKOM SIAPKAN 10.000 TITIK WIFI DI BANYUWANGI

BANYUWANGI - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) siap membangun lebih kurang 10.000 titik akses internet cepat nirkabel atau wifi di wilayah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, hingga akhir 2013.

Direktur Enterprise & Wholesale Telkom M Awaluddin di Banyuwangi, Kamis, mengatakan hingga saat ini sedikitnya 1.100 titik wifi telah selesai digelar dan secara bertahap akan terus dikembangkan dan diperbanyak, sesuai pertumbuhan dan kebutuhan warga.

"Selain itu, Telkom juga merealisasikan akses internet melalui jaringan kabel ke rumah-rumah warga atau program ini kami sebut digital home," katanya di sela-sela pra-peluncuran "Banyuwangi Digital Society (DiSo)" di Pendopo Shaba Swagata Blambangan.
Menurut Awaluddin, Banyuwangi merupakan kabupaten/kota pertama di Indonesia yang menerapkan konsep digital society, karena adanya dukungan besar dari pemerintah daerah dan budaya masyarakat setempat yang menganggap teknologi informasi dan komunikasi sangat penting.

"Digital society merupakan bagian dari program besar Telkom untuk mewujudkan Indonesia Digital Society, sekaligus mendorong terciptanya Indonesia Digital Network pada 2014. Setelah ini, program digital society akan diimplementasikan di daerah lain," tambahnya.

Untuk program Banyuwangi DiSo, lanjut Awaluddin, Telkom juga menyiapkan beberapa aplikasi pendukung, seperti Indigov (pemerintahan), Indischools (sekolah/pendidikan), dan Indipreneur (aplikasi khusus untuk usaha mikro kecil dan menengah yang sudah online).

"Kami berharap dukungan teknologi informasi ini bisa menjadi pendorong percepatan pertumbuhan ekonomi di Banyuwangi," katanya dengan menambahkan peluncuran resmi program Banyuwangi DiSo dijadwalkan pada 9 Maret 2013 oleh Menkominfo Tifatul Sembiring.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menambahkan keberadaan teknologi informasi dan komunikasi akan membantu pemda dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

"Nantinya, sistem administrasi di Pemkab Banyuwangi akan terintegrasi dalam satu sistem aplikasi sehingga bisa dengan mudah dan cepat untuk dijalankan melalui perangkat IT. Saya cukup memantau berbagai hal melalui laptop atau komputer tablet yang sudah dilengkapi aplikasi itu," katanya. (ant/gor)

Share this article :

Posting Komentar

 

Copyright © 2013. SDN KEPATIHAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Rivaldo
Proudly powered by Blogger