WARGA ANTUSIAS SAMBUT DIGITAL SOCIETY

SURYA Online, BANYUWANGI - Celoteh, guyonan dan perbincangan ringan menyeruak dari sekelompok remaja di Taman Sayu Wiwit Kabupaten Banyuwangi, Jumat (8/3/2013) sore. Sekelompok ABG perempuan dan laki-laki itu sambil memelototi tiga buah komputer jinjing.

Satu komputer jinjing disimak oleh beberapa orang. Mereka asyik membaca dan mendiskusikan, apa yang mereka tatap di komputer jinjing itu. "Kami sedang nyari tugas sekolah, ini sedang browsing sama baca-baca," ujar Fadel, satu di antara anggota kelompok itu.

Fadel dan teman-temannya adalah murid SMPN 1 Banyuwangi. Mereka duduk di bangunan terbuka di taman itu, sambil browsing karena di taman tersebut tersedia wifi gratis.
Tidak hanya Fadel dan kawan-kawan yang memanfaatkan fasilitas wifi gratis itu. Sejumlah warga lainnya juga duduk lesehan di atas lantai keramik di bangunan itu. Hujan rintik membuat bangunan tanpa sekat itu, dipenuhi para pengelana dunia maya. "Enak, gratis. Sudah nggak kehitung kita ke sini berapa kali. Kalau nyari tugas pasti ke sini," imbuh Gita, murid SMPN 1 Banyuwangi.

Saat hujan tidak turun, sejumlah orang duduk di trotoar taman juga untuk mengakses internet gratis di tempat itu. Padahal Taman Sayu Wiwit berada di depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Banyuwangi. Namun tidak ada suasana 'angker' di tempat itu, karena diramaikan warga yang nongkrong sambil mengakses internet.

Taman yang berada di seberang kantor Bupati Banyuwangi itu, merupakan salah satu titik yang diberi wifi kerjasama Pemkab Banyuwangi dengan PT Telkom.

Banyuwangi menjadi daerah percontohan Digital Society di Indonesia. Saat ini sudah terpasang 1.100 titik wifi di seluruh Banyuwangi, dari target 10.000.

Menurut Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, masyarakat Banyuwangi sudah mulai memanfaatkan wifi gratis itu. Pihak sekolah sangat antusias, dan ingin mendapatkan akses wifi ini. Karenanya, ke depan sekolah-sekolah di Banyuwangi akan menjadi titik penempatan wifi dalam program Banyuwangi Digital Society ini. (sumber:tribun news)
Share this article :

Posting Komentar

 

Copyright © 2013. SDN KEPATIHAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Rivaldo
Proudly powered by Blogger